Jumat, 09 Desember 2011



PROMOSI PENJUALAN



Alat-alat Promosi Bisnis

      Alat-alat   promosi  bisnis  mencakup konvensi dan pameran dagang, insentif penjualan, iklan kerjasama, upah dagang, barang dagangan gratis dan bantuan pelatihan. Promosi penjualan membutuhkan  penetapan tujuan pemilihan alat, pengembangan, test pendahuluan dan  pelak­sanaan  program promosi penjualan, serta  mengevaluasi  hasil-hasilnya.

      Konvensi dan pameran dagang diadakan oleh asosiasi industri. Perusahaan yang menjual produk atau jasa membeli ruang pamer (stand) dan pajangan untuk mendemonstrasikan produk mereka di pameran dagang tersebut. Gaikindo seringkali memfasilitasi anggotanya dengan melakukan pameran.
      
      Insentif penjualan mempunyai dua bentuk umum, yaitu motivasi berupa uang dan kontes penjualan. Penyalur dan wiraniaga menerima motivasi berupa uang dalam bentuk kompensasi tambahan untuk mendorong usaha penjualan lebih agresif terhadap sebagian dari produk. Motivasi berupa uang cocok untuk penjualan perseorangan sebagai suatu bagian penting dari usaha pemasaran dan motivasi berupa uang diperlukan untuk memicu komitmen dari wiraniaga penyalur. Metode ini mahal dan harus digunakan secara hati-hati untuk menghindari adanya masalah etika dan hukum.  Kontes yang melibatkan penyalur atau wiraniaga bertujuan untuk mendorong mereka meningkatkan penjualan pada periode tertentu. Bagi personal penjualan yang mempunyai prestasi istimewa dapat memperoleh uang, liburan, komputer atau hadiah lainnya. Iklan kerjasama merupakan iklan yang diatur sedemikian rupa sehingga perusahaan dan penyalurnya sepakat untuk membayar biaya iklan tertentu untuk suatu produk. Iklan kerjasama merupakan metode promosi penjualan sangat populer diantara penyalur. NOKIA E90 Communicator menggunakan ikan kerjasama dengan CBN, INDOSAT, TELKOMSEL, XL, 3 dan IGUANASMS. Tema kerjasama tersebut adalah Work together Smarter.

Upah dagang biasanya berupa pengurangan harga terhadap penyalur. Upah pembelian merupakan pengurangan harga untuk pembelian sebuah  produk dalam jumlah tertentu dan dalam periode tertentu. Tujuan dari upah dagang untuk mempengaruhi penyalur melakukan tindakan spesifik dalam penjualan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar