PROMOSI PENJUALAN
Alat-alat
Promosi Bisnis
Alat-alat
promosi bisnis mencakup konvensi dan pameran dagang,
insentif penjualan, iklan kerjasama, upah dagang, barang dagangan gratis dan bantuan
pelatihan. Promosi penjualan membutuhkan penetapan
tujuan pemilihan alat, pengembangan, test pendahuluan dan pelaksanaan
program promosi penjualan, serta mengevaluasi hasil-hasilnya.
Konvensi dan pameran dagang diadakan oleh
asosiasi industri. Perusahaan yang menjual produk atau jasa membeli ruang pamer
(stand) dan pajangan untuk
mendemonstrasikan produk mereka di pameran dagang tersebut. Gaikindo seringkali
memfasilitasi anggotanya dengan melakukan pameran.
Insentif penjualan mempunyai dua bentuk
umum, yaitu motivasi berupa uang dan kontes penjualan. Penyalur dan wiraniaga
menerima motivasi berupa uang dalam bentuk kompensasi tambahan untuk mendorong
usaha penjualan lebih agresif terhadap sebagian dari produk. Motivasi berupa
uang cocok untuk penjualan perseorangan sebagai suatu bagian penting dari usaha
pemasaran dan motivasi berupa uang diperlukan untuk memicu komitmen dari
wiraniaga penyalur. Metode ini mahal dan harus digunakan secara hati-hati untuk
menghindari adanya masalah etika dan hukum. Kontes yang melibatkan penyalur atau wiraniaga
bertujuan untuk mendorong mereka meningkatkan penjualan pada periode tertentu.
Bagi personal penjualan yang mempunyai prestasi istimewa dapat memperoleh uang,
liburan, komputer atau hadiah lainnya. Iklan kerjasama merupakan iklan yang
diatur sedemikian rupa sehingga perusahaan dan penyalurnya sepakat untuk
membayar biaya iklan tertentu untuk suatu produk. Iklan kerjasama merupakan
metode promosi penjualan sangat populer diantara penyalur. NOKIA E90
Communicator menggunakan ikan kerjasama dengan CBN, INDOSAT, TELKOMSEL, XL, 3
dan IGUANASMS. Tema kerjasama tersebut adalah Work together Smarter.
Upah dagang biasanya berupa pengurangan harga
terhadap penyalur. Upah pembelian merupakan pengurangan harga untuk pembelian
sebuah produk dalam jumlah tertentu dan
dalam periode tertentu. Tujuan dari upah dagang untuk mempengaruhi penyalur
melakukan tindakan spesifik dalam penjualan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar