Marketing of Djarum Black
Suatu bisnis berkaitan
dengan marketing yang diusung dan dijalankannya sehingga dapat dikatakan bahwa
kesuksesan bisnis terletak pada marketingnya. Dengan demikian terdapatlah
bauran pemasaran (marketing mix), yang umumnya terdiri atas Product, Price,
Place, dan Promotion, di mana kesemuanya tersebut berkolaborasi sehingga dapat
memajukan suatu bisnis. Tim marketing yang kreatif dan selalu inovatif akan
mempengaruhinya, terlebih lagi di tengah-tengah persaigan bisnis yang makin
ketat ini.
Nah...untuk produsen rokok, haruslah lebih
kreatif dan inovatif dibandingkan dengan produk2 non rokok dikarenakan bagi
produsen rokok, mereka tidak leluasa dalam bermarketing karena adanya batasan2
/ koridor dari Pemerintah yang harus dipatuhi. Tim marketing dari Djarum Black show off
dengan bangga akan kemampuannya. Mereka mengemas marketing ke dalam konsep yang
unik namun tetap melekat di hati konsumennya. Target dan Segmentasi Djarum
Black difokuskan bagi kawula muda sehingga dalam ber-marketingpun, mereka tetap
fokus pada targetnya.
Beberapa hal yang dapat kita cermati,
Djarum Black turut peduli akan konsumennya. Djarum Black sebagai bagian dari
marketingnya, mengadakan berbagai macam kegiatan kawula muda, seperti Black Innovation Awards, yang menjaring anak2 muda
yang kreatif dengan ide2 brilliantnya, klop juga dengan gambar posternya yang
majang lampu sedang menyala. Trus...juga ngadain lomba blog di mana hal ini
juga akan menjaring Black Community dan Black In News akan selalu didapatkan konsumennya
melalui website autoblackthrough-nya.
Dengana danya kontes blog ini, masing2 peserta juga saling berinteraksi dan
sharing lewat blog. Kemudian bagi pencinta otomotif, Djarum Black juga
mengusung berbagai kegiatan di dalamnya, sehingga mempunyai komunitas
tersendiri seperti Black
Car Community dan Black Motor Community.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar