Selasa, 06 Desember 2011


PERMINTAAN DAN PENAWARAN

 

PENDAHULUAN
Tujuan pelajaran ini adalah memahami bagaimana cara pasar beroperasi, bagaimana menentukan harga dan bagaimana transaksi dapat terjadi. Penggambaran dan penjelasan dua kekuatan pasar yaitu permintaan dan penawaran. Mempelajari Titik Keseimbangan. Kemudian menawarkan Kesimpulan dan Pelaksanaan. PASAR Kehadiran pasar bertujuan untuk memudahkan pertukaran produk, jasa dan sumber daya. Para pembeli dan para penjual ada di pasar dan mempunyai keinginan untuk membeli atau menjual dengan menawarkan atau menanyakan harga dalam jumlah tententu. Sekalipun suatu transaksi tidak berlangsung, kejadian ini dianggap sebagai penetapan harga produk Salah satu contoh pasar adalah Pasar Bursa New York. Pasar Bursa ini bertujuan untuk memudahkan jual beli surat-surat berharga. Transaksi tidaklah dilakukan oleh para pembeli dan para penjual sendiri, tetapi oleh perantara dan penyalur yang mewakili mereka. Setiap hari harga transaksi di Pasar Bursa ini dilaporkan di banyak suratkabar di seluruh negara sebab pasar juga memiliki fungsi yang penting dalam menetapkan harga barang-barang, atau dalam hal ini adalah surat-surat berharga.

PERMINTAAN
Permintaan adalah ungkapan keinginan dan kemampuan seorang pembeli untuk memperoleh jumlah tertentu dari suatu barang dalam berbagai kemungkinan harga yang pembeli mungkin dapat tawarkan. Permintaan dapat dianggap sebagai suatu daftar harga dan jumlah dalam pikiran pembeli. Penyalur di Pasar Bursa New York selalu memegang sebuah buku di mana setiap pesanan dari berbagai nasabah dimasukkan ke buku itu: berapa banyak saham dan berapa harganya. Daftar seperti itu adalah suatu gambaran dari apa yang investor inginkan dan apa yang mampu dibeli.

HUKUM PERMINTAAN
Hukum permintaan menyatakan bahwa hubungan antar harga dan jumlah yang ada di dalam pikiran para pembeli selalu berbanding terbalik. Hukum permintaan memberikan gambaran seperti suatu kurva terbuka ke bawah. Hukum permintaan dapat dijelaskan dengan menyusutnya manfaat marginal, pengaruh pendapatan dan pengaruh penggantian; hal itu juga dapat dilihat dengan bantuan kurva indiferensi.
Sebuah toko eceran pasti sangat tertarik untuk mengetahui hal apa yang diinginkan pelanggannya sehingga pelanggan tersebut bersedia membayar untuk membeli hal itu. Pengetahuan seperti itulah yang akan membantu toko itu untuk menentukan harga produknya dengan efisien. Ini adalah alasan utama mengapa penelitian pasar dilaksanakan, yaitu untuk menentukan apa yang pelanggan ingin beli dan berapa

PENGARUH   PENDAPATAN
Pada hukum permintaan dapat dijelaskan dengan mengamati bahwa perubahan harga secara mendadak akan mempengaruhi daya beli konsumen. Jika harga menjadi lebih rendah dari diharapkan, dana yang tersisa itu akan menyebabkan konsumen dapat membeli lebih banyak. Suatu peningkatan harga secara mendadak akan menyebabkan konsumen untuk membeli lebih sedikit. Ketika seorang ibu rumah tangga pergi ke supermarket untuk membeli bahan makanan dan menemukan produk yang ingin dibeli telah turun harganya karena suatu penjualan khusus, hal itu akan membuat ia merasa lebih kaya. Tentu saja, dia dapat membeli lebih banyak dengan uang yang ada di tangannya. Ini yang dimaksud dengan pengaruh pendapatan.
PENGARUH SUBTITUSI (PENGGANTIAN)
 Hukum permintaan dapat juga dijelaskan oleh pengaruh subtitusi (penggantian). Jika harga suatu barang lebih rendah dari yang diperkirakan,maka konsumen akan melihat adanya kesempatan tawar-menawar dengan memperbandingkannya dengan barang yang masih memiliki harga penuh. Konsumen untuk sementara waktu akan merubah pola konsumsinya dengan menggantikan barang yang masih memiliki harga penuh. Andaikan ada seorang pelanggan yang masih ragu-ragu antara membeli potongan daging babi atau potongan daging sapi sebelum memasuki sebuah supermarket. Jika kemudian potongan daging babi mempunyai suatu promosi khusus dengan diturunkannya harga, sedangkan harga potongan daging sapi tidak berubah, maka hal itu mungkin akan mempengaruhi pelanggan untuk membeli potongan daging babi tanpa ada keraguan.

GRAFIK PERMINTAAN
Hukum permintaan digambarkan dengan nyata oleh suatu kurva terbuka ke bawah yang memperlihatkan bahwa ketika harga menurun, jumlah permintaan akan meningkat dan demikian pula sebaliknya.
PERMINTAAN PASAR
Permintaan pasar adalah jumlah total permintaan individu.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN
Harga merupakan faktor penentu utama dari jumlah permintaan. Faktor penentu permintaan selain harga adalah: jumlah, pembeli,cita, rasa, pendapatan, harga barang-barang lain (baik barang pelengkap maupun barang pengganti), dan  perkiraan harga ke depan. Iklan dari suatu perusahaan memperlihatkan bahwa sebenarnya pelanggan itu masih dapat diarahkan untuk membeli produk dengan berbagai alasan.


PENAWARAN
Penawaran adalah keinginan dan kemampuan para penjual atau penyalur untuk menawarkan berbagai jumlah barang dalam suatu relevansi harga.
Penawaran adalah apa yang kita harus tawarkan. Kita semua mempunyai ketrampilan dan waktu untuk ditawarkan kepada penyedia kerja kita. Bagi sebagian dari kita, banyaknya jumlah jam kerja boleh saja berubah dari hari ke hari atau dari minggu ke minggu. Tetapi, yang paling sering adalah, jika tambahan jam kerja diperlukan untuk bekerja, maka kita akan mengharapkan adanya harga lebih, misalnya, dengan uang lembur.

HUKUM PENAWARAN
Hukum penawaran menyatakan hubungan antara harga dan jumlah penawaran di dalam pikiran para penjual atau produsen adalah berbanding lurus. Kapan terjadi peningkatan harga maka demikian juga dengan jumlah penawaran.
Pembayaran uang lembur menunjukkan bahwa jika seseorang diharapkan untuk ditawar, maka seseorang dapat mengharapkan untuk dibayar lebih. Dalam beberapa profesi, jam kerja tambahan di luar jam lembur biasa akan dibayar pada jumlah yang jauh lebih tinggi.

PERTIMBANGAN HUKUM PENAWARAN
Hukum penawaran dijelaskan oleh harga dapat menjadi rangsangan untuk para penjual atau produsen untuk menjual lebih banyak, dan biaya produksi yang meningkat (oleh karena hukum mengurangi pengembalian).

GRAFIK PENAWARAN
Hukum penawaran dapat ditunjukkan dengan suatu kurva penawaran terbuka ke atas. Ketika terjadi peningkatan harga, maka akan terjadi peningkatan jumlah penawaran; dengan demikian hubungan keduanya selalu berbanding lurus.


FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENAWARAN
Harga adalah faktor penentu yang utama. Faktor lain selain harga adalah:
- jumlah para penjual atau produsen,
- biaya-biaya produksi (termasuk pajak),
- teknologi (karena itu mempengaruhi biaya produksi),
- harga dari yang lain barang-barang (sebagai sumber dari kemungkinan keuntungan),
- perkiraan harga (tetapi pengaruhnya masih meragukan).


JUMLAH PENAWARAN
Adanya perubahan pada faktor selain harga pada penawaran itu akan mengubah keseluruhan daftar penawaran dan akan menggeser kurva penawaran. Pergeseran kurva penawaran ini disebabkan oleh pergerakan sepanjang kurva penawaran itu sendiri ketika harga berubah: tetapi hal ini hanya mengubah jumlah yang ditawarkan (bukan penawaran).

KESEIMBANGAN
Keseimbangan antara harga dan jumlah penawaran adalah jika permintaan dan penawaran saling menutupi. Berapapun harganya di atas keseimbangan, jumlah barang yang disediakan akan melebihi jumlah permintaan,dan akan menghasilkan kelebihan jumlah barang (juga tidak ada transaksi antara pembeli dan penjual). Sedangkan pada saat harga berada di bawah nilai keseimbangan, jumlah permintaan akan melebihi jumlah barang yang ditawarkan, sehingga hasilnya adalah kurangnya jumlah persediaan barang. Hanya dengan mempertemukannya akan terjadi jumlah permintaan dan jumlah penawaran yang setara. Dengan demikian harga dan nilai keseimbangan akan stabil.

KEKURANGAN PERSEDIAAN
Kekurangan persediaan berarti bahwa jumlah permintaan melebihi jumlah penawaran. Kekurangan persediaan akan terjadi jika harga berada di bawah nilai keseimbangan. Pada pasar bebas, kekurangan persediaan akan menghilang dengan terjadinya peningkatan harga. Kekurangan persediaan akan berlanjut terus selama pasar tidak bebas; sebagai contoh, jika pemerintah telah mementukan suatu plafon harga. Jika plafon harga di atas nilai keseimbangan, harga itu menjadi tidak relevan dan tidak bisa dipergunakan di pasar.

KELEBIHAN PERSEDIAAN
Kelebihan persediaan berarti bahwa jumlah penawaran melebihi jumlah permintaan. Kelebihan persediaan hanya ada jika harga di atas nilai keseimbangan. Jika pasar bebas, kelebihan persediaan akan cenderung menghilang dengan diturunkannya harga. Kelebihan persediaan akan terus berlanjut jika pasar tidak bebas; dimana, suatu harga minimum telah ditetapkan oleh pemerintah. Jika harga minimum itu berada di bawah nilai keseimbangan, harga menjadi tidak relevan dan tidak bisa dipergunakan di pasar.
;Harga dari banyak barang pertanian, seperti susu misalnya, selalu tunduk kepada harga yang ditentukan oleh pemerintah. Harga yang lebih tinggi ini mendorong petani untuk menghasilkan susu dalam jumlah yang banyak: hal ini akhirnya menciptakan kelebihan persediaan. Sebagai contoh, pada tahun 1980an, pemerintah terpaksa membuat keju dari kelebihan persediaan susu dan mendistribusikan keju itu dengan gratis ke orang-orang miskin.

KURVA INDIFFERENT
Kurva indiferen memperlihatkan kombinasi dua jenis barang yang orang ingin beli, dan yang akan membuat orang terpuaskan (atau indiferen). Kurva indiferen mengasumsikan bahwa banyak lebih disukai daripada sedikit. Kurva ini akan cembung dari biasanya. Kurva indiferensi akan membentuk suatu gambaran keseluruhan pada berbagai tingkat kepuasan. ;Daftar belanjaan konsumen manapun akan mengungkapkan bahwa diluar beberapa keperluan dasar minimum, pembelian adalah sejenis pemilihan antara berbagai jenis materi yang dapat memberikan kepuasan setara. Pola kepuasan setara ini diperoleh dari konsumsi dua pilihan jenis barang terpilih seperti apa yang digambarkan oleh kurva indifferent.

PASAR
Kehadiran pasar bertujuan untuk memudahkan pertukaran produk, jasa dan sumber daya. Para pembeli dan para penjual ada di pasar dan mempunyai keinginan untuk membeli atau menjual dengan menawarkan atau menanyakan harga dalam jumlah tententu. Sekalipun suatu transaksi tidak berlangsung, kejadian ini dianggap sebagai penetapan harga produk Salah satu contoh pasar adalah Pasar Bursa New York. Pasar Bursa ini bertujuan untuk memudahkan jual beli surat-surat berharga. Transaksi tidaklah dilakukan oleh para pembeli dan para penjual sendiri, tetapi oleh perantara dan penyalur yang mewakili mereka. Setiap hari harga transaksi di Pasar Bursa ini dilaporkan di banyak suratkabar di seluruh negara sebab pasar juga memiliki fungsi yang penting dalam menetapkan harga barang-barang, atau dalam hal ini adalah surat-surat berharga.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar